10 Contoh Gerakan Pemanasan Statis

28 Jun 2024

Pemanasan statis adalah langkah penting sebelum kamu memulai latihan fisik apa pun. Pemanasan ini melibatkan gerakan statis dan stretching untuk meningkatkan fleksibilitas otot dan mencegah cedera. Pada artikel ini, kita akan bahas pentingnya pemanasan statis, memberikan contoh pemanasan statis yang efektif, dan menjelaskan sepuluh gerakan pemanasan statis yang bisa kamu lakukan.

 

pemanasan statis

 

Mengapa Pemanasan Statis Penting?

Sebelum memulai aktivitas fisik yang intens, penting untuk mempersiapkan tubuh kamu terlebih dahulu. Pemanasan statis membantu meningkatkan suhu tubuh, aliran darah, dan elastisitas otot. Dengan demikian, tubuh kamu jadi siap melakukan latihan yang lebih intensif dan risiko cedera otot dan ligamen pun berkurang.


Contoh Gerakan Pemanasan Statis

  1. Stretching Lengan

Regangkan satu lengan di depan tubuh, gunakan tangan lainnya untuk menarik lengan tersebut ke arah tubuh kamu. Tahan posisi ini selama 20-30 detik, lalu ganti sisi.


  1. Stretching Kaki

Duduk di lantai dengan kaki lurus di depan. Regangkan tangan kamu ke depan dan coba sentuh ujung kaki kamu. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.


  1. Membungkuk ke Depan

Berdiri dengan kaki selebar bahu. Regangkan tangan ke atas dan kemudian bungkukkan tubuh ke depan sembari mencoba menyentuh jari kaki. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.


  1. Stretching Punggung

Berbaring telentang dan tekuk satu lutut. Tarik lutut ke arah dad, tahan posisi ini selama 20-30 detik, lalu ganti sisi.


  1. Meregangkan Leher

Berdiri dengan tegak, miringkan kepala ke satu sisi dan gunakan tangan kamu untuk memberikan tekanan ringan ke arah yang berlawanan. Tahan posisi ini selama 20-30 detik, lalu ganti sisi.


  1. Stretching Pergelangan Tangan

Regangkan satu tangan ke depan dengan jari mengarah ke atas, gunakan tangan lainnya untuk menarik jari-jari ke arah tubuh kamu. Tahan posisi ini selama 20-30 detik, lalu ganti sisi.


  1. Stretching Bahu

Regangkan satu lengan di depan tubuh, gunakan tangan lainnya untuk menarik lengan tersebut ke arah tubuh kamu. Tahan posisi ini selama 20-30 detik, lalu ganti sisi.


  1. Stretching Betis

Berdiri di depan dinding dengan satu kaki maju dan kaki lainnya di belakang, tekuk kaki belakang sehingga tumit menyentuh lantai. Dorong dinding dengan tangan kamu sambil menjaga kaki belakang lurus. Tahan posisi ini selama 20-30 detik, lalu ganti sisi.


  1. Stretching Paha

Duduk di lantai dengan satu kaki ditekuk ke dada dan kaki lainnya lurus. Regangkan tangan ke depan mencoba menyentuh ujung kaki kaki yang lurus. Tahan posisi ini selama 20-30 detik, lalu ganti sisi.


  1. Stretching Pinggul

Duduk di lantai dengan kedua kaki ditekuk dan telapak kaki bersentuhan. Dorong lutut ke arah lantai, rasakan regangan di pinggul. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.


Dengan melakukan contoh pemanasan statis yang disebutkan di atas, kamu bisa memastikan bahwa tubuh kamu siap untuk latihan fisik yang lebih intensif. Jangan lupa selalu konsisten melakukan pemanasan sebelum latihan apa pun untuk hasil yang optimal. 

Selain itu, kamu juga perlu pakai pakaian yang nyaman selama latihan. Contohnya Happyfit Ruched Short Sleeve Sports Bra dan HAPPYFIT Sports Bra Ribbed Padded Bra Crop T-Shirt, yaitu atasan lengan pendek sekaligus ada bra-nya. Nyaman dan praktis, kan? Selamat berlatih!

Blog posts list