Waktu yang Tepat Melakukan Yoga

7 Feb 2024

Olahraga dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan waktu yang anda miliki. Bisa dilakukan pada pagi hari sebelum memulai segala aktivitas atau sore hari setelah selesai bekerja. Anda harus menyempatkan waktu untuk menggerakkan tubuh agar dapat lebih segar dan sehat untuk menjalani aktivitas harian.

 

 

Tidak terlepas dari olahraga apapun, salah satunya adalah yoga. Yoga juga dapat dilakukan kapanpun anda inginkan. Anda dapat melakukan yoga pada pagi hari, siang hari maupun sore hari. Tetapi, sebenarnya kapan saja waktu yang tepat untuk melakukan yoga?.

Yoga sebenarnya dapat dilakukan baik pada pagi hari hingga sore hari. Ada pula yang melakukan yoga dengan mengikuti kelas yang dilakukan pada pukul 19.00 malam karena tuntutan akvititas yang padat. Untuk dapat melakukan yoga dengan tepat, sebaiknya beberapa hal ini perlu kita ketahui.

1. Waktu Tepat Untuk Yoga

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk melakukan yoga. Sebaiknya yoga dilakukan sebelum menyantap sarapan pagi. Yoga lebih baik dilakukan dalam perut kosong kecuali jika anda melakukan yoga dengan level berat seperti hot yoga.

Jika anda tidak sempat melakukan di pagi hari, anda bisa melakukannya di waktu lain tentunya dengan perut yang masih kosong. Anda dapat melakukan meditasi terlebih dahulu untuk meningkatkan konsentrasi sebelum memulai aktivitas harian.

Waktu siang menuju sore sebelum makan malam juga merupakan waktu yang baik untuk melakukan yoga. Hal ini akan membantu meningkatkan rasa rileks pada tubuh setelah beraktivitas.

Bisa juga dilakukan pada saat mendekati jam tidur. Anda dapat melakukan yoga ringan seperti forward folds, supine twists dan legs up the wall. Hal ini akan membantu anda untuk dapat tidur lebih nyenyak.

Yoga sebaiknya tidak dilakukan sesudah makan. Berikan jeda 2 hingga 4 jam setelah anda makan untuk dapat memulai latihan. Perut yang penuh akan memberikan rasa kurang nyaman untuk yoga dan mengganggu proses pencernaan makanan.

2. Tempat Melakukan Yoga

Perhatikan juga tempat untuk melakukan yoga. Anda dapat melakukan yoga di studio yang menyediakan latihan yoga. Jika anda lebih memilih untuk tidak pergi ke studio tersebut, anda dapat memilih tempat untuk latihan di rumah atau di tempat terbuka. Pastikan kebersihan dan ketenangan dari suasana tempatnya.

Tempat latihan akan memengaruhi kenyamanan dan fokus anda selama latihan. Hindari tempat untuk latihan dengan paparan sinar matahari langsung, berangin kencang atau tempat yang terdapat banyak serangga yang dapat mengalihkan perhatian anda selama latihan.

3. Pakaian

Kenakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Hal ini penting untuk mendukung anda bergerak dengan bebas dan fleksibel. Kenyamanan pakaian akan membuat anda lebih fokus pada latihan.

4. Aksesoris Yoga

Melakukan yoga tentu akan lebih maksimal jika didukung dengan aksesoris yoga mat, yoga towel atau alat bantu yoga lainnya sesuai dengan kebutuhan anda. Yoga mat diperlukan agar tidak mudah tergelincir ketika lathan. Apalagi jika dilengkapi dengan yoga towel yang efektif untuk menyerap tetesan keringat sehingga anda tidak perlu khawatir akan kebersihan yoga mat yang digunakan.

Anda juga dapat menggunakan natural rubber mat, resistance loop band atau stretching exercise strap jika menginginkan latihan yoga yang maksimal. Tentu dilakukan pada waktu yang tepat sebaiknya dalam keadaan perut kosong dan hindari waktu sebelum tidur. Untuk dapat melakukan yoga dengan tepat anda bisa menggunakan aksesoris yoga seperti diatas. Happyfit.co.id menyediakan semua kebutuhan aksesoris yoga yang anda perlukan dengan harga yang terjangkau.

Blog posts list